TutupJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!

Jumat, 17 Januari 2014

Pramoedya Ananta Toer Quotes (Aku Ingin Lihat Semua Ini Berakhir)

http://bukutokoh.blogspot.com/search/label/Pramoedya%20Ananta%20Toer

  • "Siapa mencuri kata-kata, berarti mencuri pikiran. Siapa mencuri pikiran, berarti mencuri hal yang hakiki dari manusia. Mencuri pikiran, merendahkan hak-hak manusia, berarti melenyapkan apa yang membedakan manusia dari binatang" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 53
     
  • "Jangan jadi pegawai negeri, jadilah majikan atas dirimu sendiri. Jangan makan keringat orang lain, makanlah keringatmu sendiri. Dan itu dibuktikan dengan kerja" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 112
     
  • "Yang harus malu itu mereka karena mereka takut untuk bekerja. Kau kan kerja. kau tidak boleh malu. Mereka yang harus malu, Tidak berani kerja. Semua orang bekerja, itu adalah mulia. Yang tidak bekerja tidak punya kemuliaan" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 113
     
  • "Gadis Pantai! dia merupakan sosok wanita yang mandiri. Dia tidak pernah menggantungkan diri pada orang lain. Bahkan pekerjaan yang paling kasarpun dia kerjakan sendiri" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 115
     
  • "Saya hanya mendukung partai yang berpihak pada keadilan dan kemanusaiaan" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 136
     
  • "Jika anda mengundang orang asing, anda juga harus mengundang para penulis. Jika mereka mendapat kesan yang baik, mereka akan menulis hal-hal yang baik tentang Indonesia. Hal itu lebih menguntungkan daripada pekerjaan seorang atase kebudayaan" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 136-137
     
  • "Sebagai ideologi, komunisme bermakna untuk individu. Akan tetapi, sebagai sistem politik, komunisme tidak demokratis dan mengarah pada penindasan" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 141
  • "Apakah manusia hidup untuk sistem ataukah sistem untuk manusia? Jika manusia dilahirkan untuk sistem, maka manusia itu akan menderita" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal142
  • "Walaupun manusia itu lahir tidak atas kemauannya sendiri, tapi aturan-aturan dari sistem belum tentu sesuai dengan individu. Maka dari itu, saya berpendapat bahwa demokrasi, seberapapun jeleknya ia sebagai sistem, tetap lebih baik dari komunisme. Manusia memiliki hak untuk bicara, juga ketika yang diungkapkannya keliru. Kalau hal itu terjadi, yang lain akan mengoreksinya" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 142
  • "Ideologi ditanamkan didalam diri saya oleh keluarga saya, yaitu cinta akan keadilan, kebaikan dan alam, serta nasionalisme.Walaupun ideologi ini ditanamkan di diri saya pada usia muda, tapi ini masih terus hidup sampai kini. Jika saya melakukan kesalahan, maka saya akan mengakuinya" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 146
  • "Apa artinya Arus Balik? Sebelum abad ke 15 - 16, arus ini mengalir dari arah Nusantara ke utara, dengan armada dagang. Karena kedatangan armada-armada eropa, mereka diusir. Jadi, arus itu dialihkan dari utara ke selatan. itu merupakan titik tolak dalam sejarah" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 161
  • "Maksudnya adalah bahwa Indonesia tidak pernah betul-betul merdeka? Tidak pernah sampai sekarang. Sekarang Globalisme berkuasa. Semua dijadikan barang dagangan, bahkan juga politik, partai, dan manusia.Semua dipandang sebagai barang dagangan" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin
    Lihat Semua Ini berakhir Hal 162
  • "Saya adalah seorang anak Renaisans. Karenanya, saya percaya kebaikan dan keadilan. Saya adalah manusia yang baik karena saya menginginkannya, bukan karena agama, undang-undang, atau paksaan. Itu adalah pengertian yang humanis. Saya ingin dianggap manusia baik karena keinginan saya, karena nurani saya, bukan karena sesuatu dari luar" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhirr Hal 168

     
  • "Seoarang poliyikus yang tidak mengenal Multatatuli praktis tidak mengenal humanisme, humanitas secara modern. Dan politikuss yang tidak mengenal Multatuli bisa menjadi politikus kejam. Pertama, karena dia tidak mengenal sejarah Indonesia, kedua karena dia tidak mengenal perikemanusiaan, humanisme secara modern, dan bisa menjadi kejam" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 171
     
  • "Saya mengharapkan bahwa apa yang dibaca dalam tulisan saya akan memberikan kekuatan pada pembaca saya, memberikan kekuatan untuk tepat berpihak pada yang benar, pada yang adil, pada yang indah. Saya berharap bahwa pembaca-pembaca di Indonesia, setelah membaca buku saya, menjadi berani, merasa dikuatkan. Dan kalau itu terjadi, saya mengangggap tulisan saya berhasil. itu adalah suatu kehormatan bagi seorang pengarang, terutama bagi saya. Lebih berani. berani. lebih berani" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 172
     
  • "Perkembangan yang ideal akan tercapai melalui demokrasi. Tak ada jalan lain daripada yang memungkinkan setiap manusia untuk menggunakan hak-haknya" #PramoedyaAnantaToer, Saya Ingin Lihat Semua Ini berakhir Hal 173

1 komentar: